Contents
- 1 Apa itu ISO 20000 IT Service Management Systems?
- 2 Kenapa ISO 20000 IT Service Management Systems ?
- 2.1 Meningkatkan citra perusahaan dan kredibilitasnya
- 2.2 Menciptakan produktifitas yang tinggi
- 2.3 Meningkatkan kepuasan pelanggan
- 2.4 Sebagai tolok ukur dalam peningkatan sistem, khususnya IT Service Management Systems
- 2.5 Proses yang terintegrasi
- 2.6 Meminimalkan biaya TI
- 2.7 Menciptakan budaya peningkatan berkelanjutan
- 2.8 Perubahan yang cepat
- 2.9 Meningkatkan keunggulan kompetitif
- 2.10 Konsultasikan Kebutuhan Anda dengan kami
- 2.11 Related
iso 20000, iso 20000 service management, it service management, pelatihan iso 20000, sertifikasi iso 20000
Apa itu ISO 20000 IT Service Management Systems?
IT Service Management Systems ISO 20000 adalah serangkaian proses manajemen yang dirancang untuk membantu memberikan layanan TI yang lebih efektif. Baik kepada mereka yang ada di dalam bisnis maupun pelanggan. Standar ini memberikan metodologi dan kerangka kerja untuk membantu mengelola ITSM, sekaligus membuktikan bahwa perusahaan telah mengikuti praktik terbaik. Sehingga diharapkan praktik ini dapat membantu meningkatkan penyampaian layanan TI secara efisien. Seperti manajemen lainnya, standar ini berlaku juga untuk semua ukuran perusahaan dan industri apapun.
ISO 20000-1:2018 memuat persyaratan dan spesifikasi untuk IT Service Management untuk memberikan pelayanan IT dengan tingkat kualitas yang diharapkan. Persyaratan tersebut digunakan untuk mendukung organisasi memenuhi kualitas yang sesuai dengan harapan para pelanggannya. Spesifikasi pada Sistem Manajemen Pelayanan IT mencakup:
- Konteks organisasi
- Kepemimpinan
- Perencanaan
- Mendukung sistem manajemen layanan
- Mengoperasikan sistem manajemen layanan
- Evaluasi kinerja
- Peningkatan
Pada bagian kedua terdapat ISO 20000-2:2019 yang merupakan kode praktik untuk Manajemen Layanan TI. Standar ini adalah panduan penerapan sistem manajemen layanan dalam mendefinisikan persyaratan standar. Dimana telah dinilai sebagai proses manajemen praktik terbaik, dan membantu dalam perencanaan peningkatan layanan bahkam sertifikasi ISO 20000:2018.
Baca juga: Perbedaan SOA, RTP, dan AP pada ISO 27001
Kenapa ISO 20000 IT Service Management Systems ?
Sebagai panduan implementasi Sistem Manajemen Pelayanan TI (IT Service Management Systems), standar ini akan memberikan berbagai manfaat kepada organisasi, diantaranya:
Meningkatkan citra perusahaan dan kredibilitasnya
ISO 20000 merupakan satu-satunya standar yang diakui secara internasional untuk Manajemen Layanan TI. Dengan mengimplementasikan standar ini, organisasi akan dapat meningkatkan efektifitas dan skalabilitas proses layanan TI yang dimilikinya. Sehingga tentu saja akan membantu juga meningkatkan citra perusahaan dimata konsumen serta sebagai nilai tambah dibandingkan dengan para kompetitornya.
Menciptakan produktifitas yang tinggi
Dengan ISO 20000 organisasi akan dapat mendapatkan keunggulan kompetitif melalui peningkatan efisiensi dan efektivitas Layanan TI yang handal. Dengan alokasi sumber daya dan pembagian kerja yang jelas, dapat membantu mengurangi jumlah insiden dan meningkatkan kemampuan dalam penanggulangannya.
Meningkatkan kepuasan pelanggan
Organisasi akan dapat memberikan layanan TI yang lebih baik melalui pemenuhan kebutuhan pelangggan dengan lebih baik. Selain itu juga dapat melindungi perusahaan berikut asetnya dengan lebih baik.
Sebagai tolok ukur dalam peningkatan sistem, khususnya IT Service Management Systems
Standar ini digunakan untuk membantu organisasi mengukur peningkatan sistemnya dengan membandingkan proses dan aktivitas organisasi. Dalam hal ini organisasi dapat mengidentifikasi dan menerapkan peningkatan yang diperlukan. Dengan sertifikasi ISO 20000 yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Independen, akan membantu organisasi memastikan bahwa tingkat pemenuhan layanan yang tersedia telah memenuhi persyaratan yang berlaku.
Proses yang terintegrasi
Implementasi ISO 20000 akan membantu organisasi menyelaraskan layanan TI menggunakan strategi bisnis yang luas. Organisasi dapat memastikan Manajemen Layanan TI yang berfokus pada solusi dan paling sesuai dalam melayani pelanggan dan kebutuhan bisnis.
Meminimalkan biaya TI
Dengan pemahaman dan pengelolaan biaya TI yang lebih baik, organisasi dapat merencanakan keuangan dengan akurasi yang lebih baik. Selain itu, proses yang lebih sederhana dan tanggung jawab yang jelas dapat membantu mengoperasikan layanan yang lebih ramping dan efisien.
Menciptakan budaya peningkatan berkelanjutan
Organisasi harus selalu meningkatkan prosesnya sebagai reaksi terhadap feedback pelanggan. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan bisinis perusahaan. Dalam hal ini organisasi akan melaksanakan perbaikan yang teridentifikasi, mengubah teknologi, dan mengembangkan norma bisnis.
Perubahan yang cepat
ISO 20000 memiliki kerangka terbaik untuk membantu mendukung inovasi di perusahaan. Perubahan pada organisasi dapat ditangani dengan lebih baik dan dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sehingga organisasi dapat mengurangi tingkat risiko internal dan eksternal, serta memenuhi tujuan organisasi.
Meningkatkan keunggulan kompetitif
Melalui layanan TI yang lebih efektif dan efisien, organisasi dapat memberikan keunggulan yang nyata dibandingkan kompetitornya. Misalnya mengurangi masalah TI dengan respons yang lebih cepat.
Baca juga: ISO 27000 Series Sistem Manajemen Keamanan Informasi