Standar ISO 20000 adalah standar yang diperuntukkan untuk sertifikasi manajemen teknologi informasi (TI) yang dikembangkan untuk menggantikan sertifikasi British Standard (BS) 15000 yang ditetapkan oleh British Standards International (BSI). Dikembangkan sebagai proyek bersama oleh International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC), standar ini juga dikenal sebagai IEC 20000. Standar ini dimaksudkan untuk memungkinkan semua organisasi yang berpondasi pada teknologi informasi mampu menerapkan praktik terbaik yang ditetapkan secara internasional.
Standar ini secara spesifik menentukan persyaratan bagi institusi (merujuk kepada BUMN, Swasta dan Government) penyedia layanan TI untuk merencanakan, menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, mereview, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen layanan TI.
Standard ISO/IEC 20000 ini banyak mengadopsi ITIL (IT Infrastructure Library). Kalau kita lihat komponen-komponennya maka dapat ditemukan bahwa sebagian besar banyak mengadopsi proses-proses manajemen yang ada di dalam ISO 20000 ITIL, terutama ITIL versi 2.
Standard ini menetapkan proses, kebijakan, dokumentasi, peran dan tanggung jawab yang harus ada terkait dengan penyelenggaraan dan dukungan layanan TI. Dengan demikian ISO/IEC 20000 dapat menjadi landasan bagi penyedia jasa eksternal dalam melakukan perbaikan dan peningkatan dalam layanan TI yang diberikannya.
Sebagaimana Standard ISO lainnya, pada ISO 20000 ini tersedia juga sertifikat bagi perusahaan yang berhasil membuktikan pemenuhan (compliance) terhadap spesifikasi yang ditetapkan Standard ini. Untuk sertifikasi ISO 20000 tidak dilakukan oleh ISO melainkan oleh penilai dari auditor independen.
Tim penilai ini memiliki kewenangan mengeluarkan akreditasi ISO 20000 setelah proses audit seksama. Dua bagian ISO 20000 memiliki tujuan yang berbeda yaitu pertama, menetapkan persyaratan standar dan kedua, menetapkan pedoman akreditasi. Bagian pertama menetapkan persyaratan untuk manajemen layanan TI dalam hal inisialisasi dan memelihara proses. Bagian ini merupakan persyaratan inti untuk akreditasi.
Bagian kedua lebih menitikberatkan pada kode dokumentasi praktek. Bagian ini berisi pedoman bagi auditor eksternal dan personel kunci untuk menjaga proses pelayanan dalam organisasi. Dalam kode dokumentasi praktek, pedoman sehubungan dengan tindakan terhadap organisasi yang akan diaudit disediakan.
Agar memenuhi syarat, suatu organisasi yang hendak mengajukan ISO 20000 harus memiliki kontrol manajemen proses. Untuk mencapai kontrol manajemen ini, perusahaan harus memiliki pengetahuan dan kontrol atas input dan output proses, termasuk memiliki standar pengukuran dan prosedur review.
MANFAAT SERTIFIKAT STANDARD ISO 20000
Terdapat beberapa manfaat dari Sertifikat ISO 20000 yang menjadi alasan mengapa sertifikat ini menjadi penting bagi suatu perusahaan, antara lain sebagai berikut:
- Menunjukkan Komitmen Perusahaan Dan Meningkatkan Daya Saing. Meningkatkan citra perusahaan akan komitmennya terhadap kualitas layanan TI yang diberikan. Sebagaimana Standard ISO 9000 yang menunjukkan komitmen perusahaan akan adanya sistem manajemen mutu yang baik di sebuah perusahaan, maka untuk komitmen mutu yang baik dalam penyelenggaraan layanan TI ditunjukkan oleh Sertifikat ISO 20000. Pencapaian ini pun tentunya meningkatkan daya saing perusahaan di mata para pelanggannya.
- Menunjukkan Kemampuan Perusahaan. Membuktikan bahwa Penyedia layanan TI mampu memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan pengguna. Hal ini karena spesifikasi yang ada di Standard ini ditujukan agar layanan yang diberikan memiliki kualitas yang dapat diterima oleh pelanggannya.
- Memenuhi Persyaratan Tender. Bagi penyedia layanan eksternal dapat mengikuti tender yang mensyaratkan peserta tendernya bersertifikat ISO 20000.
- Memberikan Kerangka Kerja Peningkatan Layanan TI, nengurangi risiko dan biaya Layanan TI. Dengan mempraktikan manajemen system layanan yang baik sebagaimana ditetapkan dalam standard ISO 20000, maka diharapkan perusahaan dapat melakukan peningkatan dalam kualitas layanannya, melakukan penghematan biaya dan meningkatkan efisiensi, menghasilkan pengurangan risiko yang mungkin ditimbulkan oleh layanan TI dan mendorong peningkatan dan perbaikan layanan TI secara terus-menerus.
ERA KONSULTAN
- Telepon : +62 21 8275 4798
- Handphone : +62 859-2166-1103
- Email : info@erakonsultan.co.id